Nasional

Perpanjang PPKM Darurat Diumumkan 2-3 Hari ke Depan

INDOPOSCO.ID – Pemerintah masih melakukan evaluasi terkait keputusan untuk memperpanjang atau tidak masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa-Bali.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, hasil evaluasi tersebut bakal disampaikan terlebih dahulu ke Presiden Joko Widodo. Dalam 2-3 hari ke depan keputusan baru akan disampaikan.

“Kami sedang melakukan evaluasi apakah PPKM dengan jangka waktu ini dibutuhkan perpanjangan lebih lanjut. Kami akan laporkan (hasil evaluasi) kepada Bapak Presiden dan saya kira dalam 2-3 hari ke depan kita juga akan umumkan secara resmi,” katanya dalam keterangan virtual, Sabtu (17/7/2021).

Ia mengklaim, selama masa penerapan PPKM Darurat telah terjadi berbagai kemajuan dalam hal penurunan mobilitas dan aktivitas masyarakat. Itu berdasarkan hasil pemantauan dari Google Traffic, Facebook Mobility, dan Light Night dari NASA.

“Telah terjadi penurunan signifikan terhadap penurunan mobilitas dan aktivitas masyarakat. Ini terus terang memberikan harapan kepada kita semua,” ujar Luhut.

Namun, penurunan mobilitas tersebut tidak serta-merta tercerminkan dalam penurunan jumlah kasus konfirmasi Covid-19 harian.

Sebab, ada masa inkubasi penularan virus sekitar 14-21 hari. Terlebih varian Delta memiliki tingkat penularan 7 kali lebih tinggi dari varian sebelumnya.

“Hasil penelitian dari berbagai institusi dibutuhkan waktu kurang lebih 14-21 hari, untuk kemudian penambahan kasus ini mulai rata dan menurun. Hal itu sangat mungkin terjadi jika kita semua konsisten terhadap pelaksanaan PPKM ini,” tutur Luhut. (dan)

Sponsored Content
Back to top button