Headline

Peringatan Kemerdekaan Momentum Bersatu Lawan Pandemi

INDOPOSCO.ID – Peringatan Hari Kemerdekaan RI tahun ini untuk kedua kalinya berada dalam kondisi pandemi. Peringatan Kemerdekaan ke-76 RI kali ini diharapkan menjadi momentum bagi semua anak bangsa untuk bersatu padu dalam mengatasi krisis yang dihadapi.

Hal itu disampaikan Koordinator Nasional Forum Solidaritas Kemanusian (FSK) Sudirman Said saat memberikan refleksinya terkait HUT ke-76 RI pada 17 Agustus 2021.

“Semoga suasana peringatan kemerdekaan ini memberi inspirasi bagi bangsa untuk bersatu padu membebaskan diri dari penjajah tidak tampak bernama Covid-19,” tutur Sudirman Said dalam keterangannya pada Selasa (17/8).

Sudirman menyampaikan suasana kebatinan bangsa masih prihatin di tengah pandemi saat ini. Peringatan kemerdekaan yang biasanya dipenuhi kegembiraan pun tidak dapat dilakukan masyarakat dengan leluasa.

Menurutnya, masyarakat masih menghadapi ketidakpastian mengenai kapan pandemi Covid-19 ini akan berakhir. Karena itu, tuturnya, saat ini diperlukan 3 hal pokok untuk menanggulangi pandemi belajar dari negara- negara lain.

“Pertama gerakan edukasi serta literasi publik secara masif. Kedua, percepatan vaksinasi. Ketiga, menjadikan prokes (protokol kesehatan) ketat sebagai kebiasaan baru atau new normal,” tutur Sekjen Palang Merah Indonesia (PMI) itu.

Sudirman menilai pandemi sudah memberi pelajaran betapa pentingnya kemanusiaan serta solidaritas sesama anak bangsa.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button