Olahraga

Perbasi Target Timnas Bola Basket Tembus Delapan Besar Asia

INDOPOSCO.ID – Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) menargetkan Timnas Basket Indonesia dapat menembus peringkat delapan besar tingkat Asia. “Kami bertekad mendorong peringkat Timnas Bola Basket Indonesia menembus delapan besar Asia. Kami yakin bisa dengan dukungan semua pihak dan solidnya kepengurusan PP Perbasi,” ungkap Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Sabtu (27/3/2021).

Dalam kesempatan itu, PP Perbasi menggelar rapat kerja nasional (rakernas) secara virtual untuk merumuskan program kerja 2021. Hadir dalam rapat tersebut, perwakilan Pengprov Perbasi seluruh Indonesia dan Sesmenpora Gatot Dewa Broto mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

Saat ini, PP Perbasi sedang menyiapkan timnas khusus untuk terjun di Piala Dunia FIBA 2023 yang tengah diasah di IBL Pertamax 2021 di bawah asuhan Coach Youbel Sondakh, dengan suntikan beberapa pemain naturalisasi sehingga diharapkan bisa berbicara banyak di level Asia dan dunia.

Pada klasemen FIBA, Timnas Basket Indonesia menempati posisi 88 dengan poin 103.4, sementara untuk zona Asia Skuad Merah Putih berada di peringkat 16. Untuk peringkat satu dunia masih ditempati Amerika Serikat, dan untuk level Asia, Australia masih mendominasi.

Kebetulan, kata sekjen wanita pertama di PP Perbasi itu, Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah ajang FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023 yang menjadi fokus bahasan dalam rakernas tersebut. “Rakernas berjalan dinamis. Banyak program yang kita siapkan pada 2021 ini namun secara garis besar, kami fokus pada hajatan 2021 dan 2023. Tahun ini, kita dipercaya menggelar FIBA Asia Cup dan FIBA World Cup pada 2023,” ujarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button