Nasional

Penyesuaian Perpanjangan PPKM di Daerah Harus Hati-hati

INDOPOSCO.ID – Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Rahmad Handoyo menegaskan, aturan penyesuaian perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) ada di pemerintah daerah. Tentu penyesuaian tersebut harus menyesuaikan dengan karakteristik daerah masing-masing.

“Saat ini kasus Covid-19 melandai, tetapi angka kasusnya masih labil. Sewaktu-waktu bisa terjadi lonjakan kasus, apabila pemda tidak bisa mengendalikan diri,” kata Rahmad Handoyo melalui gawai, Rabu (11/8/2021).

Menurut dia, tingkat mobilitas masyarakat yang tinggi dan euforia yang berlebihan bisa menciptakan kerumunan. Dan ini berpotensi terjadinya lonjakan kasus Covid-19.

“Kalau sudah ada kerumunan, karena mobilitas tinggi tunggu bom waktu saja. Pasti kasus Covid-19 akan meledak lagi.

“Jadi saya mengingatkan seluruh pemda, khususnya Pemprov DKI yang padat penduduk dan menjadi sentra ekonomi nasional agar lebih hati-hati dalam menerapkan kebijakan pelonggaran perpanjangan PPKM level 4,” imbuhnya.

Ia meminta, proses evaluasi harus dilakukan cepat apabila penghapusan penyekatan menimbulkan mobilitas masyarakat tinggi. Kendati penyesuain perpanjangan PPKM Level 4 disesuaikan karakteristik daerah.

“Kalau penghapusan penyekatan diberlakukan digantikan sistem ganjil genap 2 atau 3 hari diberlakukan muncul mobilitas masyarakat tinggi, maka kebijakan penyekatan harus diberlakukan kembali. Ingat, Jakarta masih level 4,” ungkapnya. (nas)

Sponsored Content
Back to top button