Gaya Hidup

Pentingnya Mencintai Diri Sendiri Agar Hidup Bahagia. Bagaimana Caranya?

INDOPOSCO.ID – Adakalanya kita terus merasa tidak puas dan membandingkan diri dengan pencapaian orang lain. Kita menjadi terus merasa kurang. Dan ketika gagal mencapai apa yang kita mau, Kita merasa kecewa, terluka, dan tidak berharga.

‘Self-love’ adalah salah satu cara yang dilakukan untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut.

Psikolog dan konselor dari aplikasi konseling daring Riliv, Nurul Aini Ongkowidjoyo MPsi mengatakan, Self-love atau kemampuan mencintai diri sangatlah penting untuk Millennials karena ini membuat milenial sadar akan kondisi diri, dan menerima seluruh kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri.

Saat ini segala sesuatunya bergerak cepat. Di era yang penuh kompetisi, informasi yang bergerak cepat dan cenderung bebas sehingga diri sendiri menjadi rentan untuk tertekan karena membandingkan diri dengan standard yang cukup tinggi. Penting bagi orang- orang untuk memiliki batasan dengan cara mencintai diri sendiri dan bersyukur.

Selain itu, Nurul juga mengatakan kalau mencintai diri sendiri memberikan banyak manfaat. “Dengan mencintai diri hidup lebih puas dan bahagia, emosi lebih stabil, memiliki relasi yang lebih baik dengan orang lain, lebih percaya diri, berkembang, dan produktif, mengurangi perasaan cemas, dan bisa membuat keputusan yang tepat,” katanya dalam siaran resmi yang dikutip Antara, Minggu (15/8/2021).

Untuk Anda yang ingin belajar mencintai diri, berikut LIMA tips yang bisa Anda coba.

Kenali Diri Sendiri

Ingat pepatah tak kenal maka tak sayang? Sebelum mencintai diri, Yuk kenali diri kita. Dengarkan keinginan yang ada pada diri. Apa yang membuat takut? apa yang membuat merasa cemas? Apa kelebihan dan kekurangan kita? Coba cari tahu apa kelebihan, kekurangan, apa yang Anda bisa, butuhkan, takutkan, hambatan, apa yang membuat Anda merasa kecewa, marah, terluka, dan berbagai pertanyaan lain seputar diri Anda.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button