Headline

Penjelasan Satgas Covid-19 soal Tetap Dibukanya Objek Wisata saat Lebaran

INDOPOSCO.ID – Pemerintah melarang masyarakat mudik Lebaran Tahun 2021. Namun, mengizinkan kawasan wisata dibuka untuk masyarakat. Hal itu dilakukan untuk menjamin agar roda ekonomi tetap berjalan.

Menanggapi hal itu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan, meskipun dibuka, pemerintah telah melarang masyarakat melakukan wisata jarak jauh.

Hal itu sesuai dengan Surat Edaran Satgas Covid-19 No. 13 Tahun 2021 yang tegas melarang perjalanan wisata jarak jauh. Ketentuan ini diharapkan dapat mengurangi jumlah wisatawan di lokasi wisata agar tidak menimbulkan kerumunan.

“Hal ini diharapkan dapat mencegah masuknya kasus Covid-19 dari daerah lain yang berpotensi membawa varian baru virus Covid-19. Varian baru yang mungkin lebih menular serta membahayakan keselamatan masyarakat,” ujar Wiku seperti dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (21/4/2021).

Menurut dia, pembukaan objek wisata dalam masa pandemi harus tetap menerapkan prinsip kehati-hatian dan menghindari terjadinya kepadatan dan kerumunan harus menjadi prioritas. Hal ini, kata dia, harus diterapkan terutama para penyelenggara objek wisata dengan membatasi jumlah pengunjung selama masa pandemi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button