Nasional

Peningkatan Testing dan Vaksinasi Tekan Kematian Covid-19

INDOPOSCO.ID – Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 sekaligus Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Reisa Broto Asmoro menyebut peningkatan jumlah pemeriksaan atau testing serta vaksinasi menjadi dua langkah intervensi untuk menekan angka kematian akibat Covid-19.

“Intervensi pertama meningkatkan jumlah pemeriksaan atas tes agar kita dapat mengetahui sebenar- benarnya peta penyebaran, agar pelacakan dapat dilakukan dengan cepat, isolasi segera diterapkan, dan kesembuhan naik pesat, dan kematian dapat kita tekan seminimal mungkin,” ujar Reisa dalam konferensi pers PPKM secara daring dari Jakarta, Rabu (4/8).

Menurut Reisa, tingkat pemeriksaan yang kurang akan membuat Indonesia, dan bahkan dunia menjadi buta untuk memahami dimana penyakit itu berada.

Jika tanpa tingkat pengujian yang lebih baik, maka tidak dapat melawan penyakit tersebut atau mengurangi risiko munculnya varian baru yang lebih berbahaya.

“Pemerintah yang siapkan sistem dan tenaga kesehatan nya, sedangkan peran masyarakat adalah siap dan berani untuk dites serta jujur saat dilacak,” ujar dia, dilansir Antara.

Intervensi kedua adalah mempercepat laju vaksinasi. Fakta sains telah membuktikan bahwa vaksin ini telah efektif melindungi kita dari kesakitan berat perawatan rumah sakit, bahkan kematian.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button