Nasional

Penguatan SPIP, BNPB Bahas Penilaian Risiko

INDOPOSCO.ID – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyelenggarakan rapat penilaian risiko dalam rangka penguatan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

Kegiatan itu dilakukan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya potensi kecurangan atau “fraud” yang dapat menghambat jalannya penyelenggaraan program pemerintahan dalam mencapai tujuan. Hal itu sebagaimana yang telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2008 tentang SPIP.

Inspektur I BNPB Kahartomi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu, menyampaikan mengacu pada PP itu, pimpinan instansi pemerintah memiliki tanggung jawab untuk menyusun perencanaan dan menetapkan tujuan organisasi sesuai visi dan misi yang selaras, berorientasi kepada hasil atau “outcome” dalam program dan kegiatan yang tepat sasaran.

Ia berharap, segala aspek mulai dari perencanaan hingga hasil akhir dapat terlaksana dengan baik.

Apabila terdapat potensi risiko, lanjut dia, maka harus segera dikendalikan dengan beberapa solusi yang telah diatur, seperti dihilangkan risikonya, diminimalisasi, atau dilimpahkan.

“Jangan sampai ada kegiatan melenceng. Nah, di sinilah dirumuskan risiko itu tadi dan ada pengendaliannya,” katanya dikutip Antara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button