Nasional

Penghalang Penyidikan Nurhadi Disidang

INDOPOSCO.ID – KPK menginformasikan terdakwa Ferdy Yuman dari pihak swasta akan disidang perdana dengan agenda pembacaan surat dakwaan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (3/6).

Ia adalah terdakwa perkara dugaan dengan sengaja mencegah dan merintangi atau menggagalkan secara langsung maupun tidak langsung penyidikan dalam perkara mantan Sekretaris Mahkamah Agung, Nurhadi, dan kawan-kawan.

“Tim JPU KPK telah menerima penetapan hari sidang terdakwa Ferdy Yuman dari Kepaniteraan PN Tipikor Jakarta Pusat yang diagendakan pada Kamis (3/6) untuk sidang perdana pembacaan surat dakwaan,” kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, dalam keterangannya di Jakarta seperti dikutip Antara, Rabu (2/6/2021).

Sebelumnya, kata dia, tim jaksa penuntut telah melimpahkan berkas perkara dia dan diterima Kepaniteraan Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (27/5).

Yuman didakwa dengan pasal 21 UU Nomor 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20/2001.

Pasal itu mengatur mengenai orang yang sengaja mencegah, merintangi atau menggagalkan secara langsung atau tidak langsung penyidikan, penuntutan dan pemeriksaan di sidang terdakwa dalam perkara korupsi dapat dipidana paling singkat tiga tahun dan maksimal 12 tahun dan denda paling banyak Rp600 juta.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan Yuman sebagai tersangka pada 10 Januari 2021.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button