Gaya Hidup

Penggunaan Hand Sanitizer Ideal Agar Terhindar dari Dermatitis Kontak

INDOPOSCO.ID – Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Siloam Hospitals Sepanjang Jaya, dr. Novia Yudhtiara Sp. KK mengatakan, penggunaan hand sanitizer dapat mengakibatkan dermatitis kontak.

Dermatitis kontak merupakan peradangan berupa ruam gatal kemerahan pada kulit yang muncul akibat kontak langsung dengan zat tertentu dan mengiritasi kulit, atau merupakan reaksi alergi terhadap zat tertentu. Ruam yang muncul akibat peradangan ini tidak menular atau berbahaya, tapi bisa menyebabkan rasa tidak nyaman bagi penderita.

“Agar pengobatan bisa berjalan secara efektif, penderita harus mengidentifikasi dan menghindari penyebab munculnya dermatitis kontak pada kulit mereka. Ruam biasanya dapat hilang dalam waktu dua hingga empat minggu,” ujarnya melalui live webinar yang disaksikan lebih dari 60 peserta di Bekasi, Jumat (26/3/2021).

Gejala dermatitis kontak iritan muncul pada bagian tubuh yang melakukan kontak langsung dengan zat yang memicu reaksi pada kulit. Gejala tersebut dapat muncul dalam waktu beberapa menit hingga beberapa jam setelah kontak terjadi.

Gejala umum dermatitis kontak pada kulit penderita meliputi ruam kulit kemerahan, perubahan sel epidermis, pelepasan sel infamasi (sitokin), gatal yang dapat terasa parah, kering, pembengkakan, kulit kering atau bersisik, kulit lecet atau melepuh (gatal berair), menebal, pecah-pecah, dan terasa sakit saat disentuh atau muncul rasa nyeri.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button