Nasional

Penggabungan Metode Pembelajaran Tepat Diterapkan di Masa Pandemi

INDOPOSCO.ID – Sistem pembelajaran dengan menggunakan metode blended learning (menggabungkan metode pembelajaran) masih menjadi pilihan edukasi terbaik di masa pandemi Covid-19.

Pernyataan tersebut diungkapkan Kepala Sekolah Murid Merdeka (SMM) Laksmi Mayesti dalam keterangan, Sabtu (17/7/2021).

Ia menjelaskan, sistem pembelajaran blended learning tersebut siswa tidak hanya belajar secara online (daring) saja tetapi juga tatap muka. “Sistem blended learning ini menggabungkan pembelajaran daring dan tatap muka langsung,” ucapnya.

Menurut dia, di masa pandemi saat ini banyak sekolah yang menawarkan pembelajaran dengan menggunakan teknologi sebagai media ajar, tetapi tidak banyak yang mengintegrasikan antara teknologi dengan pedagogi atau metode ajar yang baik.

“Jadi metode penggabungan pembelajaran ini sumber daya manusia (SDM) dalam hal ini guru harus mampu mengembangkan kreativitasnya. Tentu saja, agar anak-anak atau peserta didik dapat berinteraksi secara terbuka baik kepada guru dan teman-temannya.

“Orangtua bisa mengetahui perkembangan anaknya, dengan terlibat secara langsung tanpa harus merasa terbebani. Karena seolah-olah sistem pembelajaran daring cenderung hanya memberatkan orang tua dan anak-anak,” terangnya.

Lebih jauh dia mengungkapkan, sistem pembelajaran blended learning memberikan keuntungan bagi peserta didik dan orang tua. Seperti keuntungan dari segi kualitas dengan kurikulum pendidikan terbaik, akses pembelajaran yang fleksibel berkat pemanfaatan teknologi informasi dan biaya yang terjangkau.

“Jadi siswa bisa fleksibel memilih jam belajar. Dengan begitu siswa lebih bertanggungjawab untuk mengikuti belajar,” ujarnya. (nas)

Sponsored Content
Back to top button