Nasional

Pengendalian Tembakau Perlu Pendekatan Komprehensif

INDOPOSCO.ID – Direktur Kesehatan dan Gizi Masyarakat Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Pungkas Bahjuri Ali menilai pengendalian tembakau memerlukan pendekatan yang holistik dan komprehensif sehingga upaya menekan prevalensi merokok dapat berjalan optimal.

“Kita tidak bisa mengendalikan rokok dari satu sisi, harus ada dari edukasi juga, ada juga tax policy, bahkan peningkatan suplai tembakau. Kalau regulasi ini terus diputar, ada sektor yang terkait yaitu kesehatan, pertanian, ekonomi, komunikasi, media. Maka perlu dialog antarsektor,” ujar Bahjuri melalui keterangan yang diterima Antara di Jakarta, Rabu (17/3/2021).

Bahjuri menuturkan, pihaknya kini tengah menyusun strategi kolaborasi untuk peta jalan pengendalian tembakau di Indonesia yang sesuai dengan arah kebijakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Prevalensi merokok di Indonesia terus meningkat dinilai karena kebiasaan merokok sudah dimulai sejak dini seiring harga rokok yang masih terjangkau di pasaran. Terjangkaunya harga rokok disinyalir salah satunya disebabkan praktik pelanggaran penjualan rokok di bawah harga pita cukai.

Soal kebijakan harga di bawah pita cukai tersebut, pemerintah diharapkan untuk dapat melakukan pengawasan lebih serius agar akses dan keterjangkauan rokok tidak makin terbuka, khususnya pada anak-anak dan remaja.

Analis Kebijakan Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febri Pangestu mengatakan, instrumen kebijakan Kemenkeu untuk pengendalian konsumsi tembakau telah mencakup tarif cukai dan harga rokok.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button