Nusantara

Pengemis di Kota Serang Meningkat, Dinsos: Belum Punya Solusi 

INDOPOSCO.ID – Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Serang M. Poppy Nopriadi, memprediksi bakal ada peningkatan jumlah pengemis atau Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) menjelang bulan suci Ramadan.

Biasanya, bulan puasa dijadikan momentum untuk mengemis. Sebab pada dasarnya, animo masyarakat terhadap sedekah meningkat. Mereka disinyalir sengaja datang dari Jakarta dan Tangerang. Sebab dari hasil pendataan razia beberapa waktu lalu, dari 127 orang setengahnya merupkan warga pendatang.

“Kalau mau bulan puasa dan lebaran intensitas PMKS gelandang dan pengemis yakin naik , mungkin bisa dua kali lipat. Karena biasanya limpahan dari Jakarta dan Tangerang, karena di sana mungkin wilayah operasinya terbatas jadi pindah ke Serang,” katanya saat diwawancara, Rabu (7/4/2021).

Ia mengaku belum memiliki solusi untuk mengentaskan pengemis di Ibu Kota Banten. Terlebih, Pemerintah Kota (Pemkot) Serang saat ini belum memiliki sarana atau fasilitas pembinaan. Sejauh ini, penanganan hanya sebatas ceramah. Sehingga tidak heran, jika mereka datang kembali untuk meminta-minta.

“Karena kita belum punya solusi, misalkan kita kasih pembinaan, kita beri keterampilan mau bengkel segala macam, sehingga mereka punya opsi. Kalau sekarang hanya sekedar sop terapi saja. Ditangkap, diceramahi dan dipulangkan dua tiga hari setelah itu balik lagi,” terangnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button