Nasional

Pengembangan Pariwisata NTB Dukung Perhelatan MotoGP 2022

INDOPOSCO.ID – Mandalika merupakan destinasi wisata cukup menjanjikan. Dari pesona pantai, pemandangan alam bawah laut memukau, hingga menjadi tuan rumah pagelaran MotoGP tahun 2022.

Direktur Pemberdayaan Informatika, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Septriana Tangkary mengatakan, akses dan infrastruktur hingga fasilitas menjadi hal yang harus didorong dan ditingkatkan.

Target Pembangunan Pariwisata 2020-2024 ialah meningkatnya citra, daya saing dan kontribusi pariwisata mendukung perbaikan kesejahteraan serta pertumbuhan ekonomi berkualitas.

Berita Terkait

“Sesuai arahan presiden, untuk meningkatkan pariwisata Indonesia perlu memperbaiki fasilitas di lokasi wisata serta meningkatkan Sumber Daya Manusia melalui pelatihan dan pendidikan,” kata Septriana dalam keterangan virtual, Kamis (2/9/2021).

Strategi pemerintah mendorong tumbuhnya sektor pariwisata ialah menggunakan teknologi digital dengan optimal, strategi adaptasi penerapan protokol kesehatan di setiap lini ekonomi kreatif.

Kolaborasi dengan seluruh pihak (pemerintah, akademisi, pelaku pariwisata, masyarakat), serta percepatan vaksinasi secara nasional mencapai target herd immunity.

Sekretaris Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) Hasbulwadi menjelaskan, rencana strategis prioritas pengembangan pariwisata NTB mendukung event World Superbike (WSBK) dan MotoGP.

Salah satunya dengan meningkatkan kualitas SDM dan atraksi di desa wisata, serta pengelolaan homestay dapat berdampak pada daya tarik dan lama tinggal wisatawan domestik dan mancanegara.

“Langkah mewujudkan digitalisasi pariwisata di NTB khususnya Mandalika, adalah peningkatan konektivitas internet digital ticketing, homestay aggregator, pemasaran travel agent digital,” tutur Hasbulwadi. (dan)

Sponsored Content
Back to top button