Nasional

Pengamat: Teori Heuristika Hukum Menjawab Tantangan Zaman

INDOPOSCO.ID – Pengamat hukum dari Universitas Nasional (Unas) Dr. Ismail Rumadan mengatakan, lahirnya teori Heuristika hukum menjawab tantangan para penegak hukum, khususnya hakim untuk mewujudkan keadilan yang sesungguhnya. Apalagi saat ini tengah minim gagasan-gagasan baru dari para akademisi, khususnya di bidang hukum dan peradilan di Indonesia.

Konsep heuristika hukum yang disampaikan oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Prof HM Syarifuddin tersebut merupakan wujud dari perpaduan antara disiplin ilmu hukum dan segudang pengalaman dalam dunia praktik peradilan. Karena, kesempurnaan keilmuan dapat dilihat dari perpaduan antara aspek teoritis dan aspek praktik.

“Idealnya suatu teori atau konsep lahir dari dialetika teoritis maupun lahir dari realitas berbagai pengalaman yang dialami seseorang,” ujar Ismail Rumadan melalui gawai, Selasa (23/2/2021).

Oleh karena itu, menurut Sekretaris Jenderal Asosiasi Pimpinan Perguruan Tinggi Hukum Indonesia (APPTHI) ini, lahirnya heuristika hukum untuk menjawab tantangan kemajuan teknologi industri di era industri 4.0. Dimana para Hakim dituntut untuk lebih peka dan up to date dalam memahami dinamika perkembangan teknologi dan perubahan tatanan kehidupan masyarakat.

“Gagasan lahirnya heuristika hukum menjawab perkembangan teknologi dan perubahan tatanan kehidupan masyarakat,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button