Nasional

Pengacara Bantah Moeldoko Promosikan Ivermectin

INDOPOSCO.ID – Otto Hasibuan selaku penasihat hukum Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyanggah kliennya mempromosikan Ivermectin sebagai obat untuk Covid-19.

“Saya kira tidak ada fakta kalau Pak Moeldoko itu mempromosikan Ivermectin. Itu kan hanya yang disampaikan orang, di mana bukti- bukti kalau Pak Moeldoko mempromosikan Ivermectin?” tutur Otto Hasibuan dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Kamis (29/7).

Sebelumnya, Indonesia Corruption Watch (ICW) menyebutkan Moeldoko dalam jabatannya sebagai Ketua Himpunan Aman Tani Indonesia (HKTI) memiliki hubungan dengan PT Noorpay Nusantara Perkasa, yakni mengadakan program pelatihan petani di Thailand.

PT Noorpay sahamnya dimiliki oleh Sofia Koswara selaku Wakil Presiden PT Harsen Laboratories, produsen Ivermectin.

“Makanya, saya minta kepada ICW, buktikan dulu dong. Kenapa, kesannya mempromosikan? Sama dengan saya, teman- teman saya di Peradi itu, kenyataannya banyak, selalu mencari Ivermectin, setiap bertemu dengan klien bicaranya selalu Ivermectin dan ternyata mereka minum kenyataannya betul-betul membaik,” kata Otto.

Otto juga menyebutkan Moeldoko tidak pernah menjadi “bintang iklan” yang membujuk masyarakat untuk mengkonsumsi Ivermectin.

“Kan tidak pernah seperti itu. Jadi, ini perlu kita bicarakan betul-betul kriteria mempromosikan seperti apa? Jadi, jangan dikait- kaitkan seperti itu, jika mempromosikan beda kan,” imbuh Otto.

Ivermectin, bagi Otto, merupakan produk dari PT Hansen Laboratories dan PT Indofarma.

“Pak Moeldoko itu tidak ada kaitannya dengan PT Hansen, tidak ada hubungan hukumnya, tidak juga dengan Indo Farma, tidak ada, tidak ada memegang saham, serta bukan direktur dan tidak ada hubungan apa pun,” tutur Otto.

Dalam pernyataannya, ICW juga menyatakan putri Moeldoko, Joanina Rachman, merupakan pemegang saham mayoritas di PT Noorpay Nusantara Perkasa.

“PT Noorpay bukanlah perusahaan yang bergerak di bidang farmasi serta tidak melakukan bisnis Ivermectin ataupun bisnis ekspor beras sebagaimana kita tahu ICW mengaitkan seakan- akan PT Noorpay ini bergerak ikut di dalam peredaran Ivermectin walaupun memang betul Joanina Rachman, anak Bapak Moeldoko, itu merupakan pemegang saham PT Noorpay,” nyata Otto.

Otto menilai adalah hal yang wajar anak Moeldoko untuk berbisnis sebab memiliki hak keperdataan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button