Nasional

Pendiri Ingin Demokrat Kembali sebagai Partai Modern dan Terbuka

INDOPOSCO.ID – Salah satu Pendiri Partai Demokrat Max Sopacua mengatakan, sejak awal Partai Demokrat didirikan sebagai partai modern dan terbuka. Namun dalam perjalanannya tidak demikianhingga akhirnya kepercayaan masyarakat pun merosot.

“Itulah landasan kita berjuang, yang ditanamkan oleh Para Pendiri pada saat awal,” ujar dia, seperti dikutip, Selasa (23/2/2021).

“Rekam jejaknya masih ada, saksi dan orang-orangnya masih lengkap sehat wal afiat,” lanjutnya.

Dia menjelaskan, meskipun Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menahkodai langsung sebagai Ketua Umum Partai Demokrat dan kala itu masih menjabat Presiden, namun Partai Demokrat di pemilihan umum (Pemilu) 2014 perolehannya malah menurun menjadi 10,19 persen.

Bahkan setelah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) gagal dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017, SBY menobatkan AHY sebagai Komandan Tugas Utama (Kogasma) yang fungsinya memenangkan Pemilu 2019.

“Sejatinya, kemampuan AHY dalam membawa kemenangan Partai Demokrat sudah diuji-cobakan pada Pemilu 2019. Namun alhasil bukannya perolehan Partai Demokrat naik atau bertahan, tetapi malah menurun menjadi 7,7 persen,” ujar Max Sopacua, yang pernah menjadi Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, seperti dikutip, Selasa (23/2/2021).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button