Nasional

Pendidikan Musik Tradisi Nusantara Akan Dibuka di Sekolah

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar kongres musik tradisi-tradisi Nusantara. Salah satu poin rekomendasi kongres tersebut adalah pentingnya menyediakan dan memasukkan pembelajaran musik tradisi Nusantara dalam pendidikan formal dan informal.

“Kami akan mengembangkan materi pengembangan pendidikan musik tradisi untuk pendidikan formal dan informal dari jenjang PAUD sampai SMA, termasuk di Sekolah Luar Biasa (SLB),” ujar Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim secara daring, Rabu (1/9/2021).

Dia menuturkan, musik tradisi sebagai identitas Indonesia sempat kurang terurus dengan baik. Akibatnya, kata dia, generasi penerus sempat terlupa dengan akar budayanya.

“Rekomendasi kongres terkait langkah-langkah ke depan yang harus kita lakukan bersama untuk memajukan musik tradisi Indonesia,” ungkapnya.

Menurut dia, Kemendikbudristek memiliki komitmen untuk meningkatkan nilai dan keterampilan budaya, sosial, dan ekonomi para pelaku dan penggiat musik tradisi Nusantara. Salah satunya dengan menyediakan program beasiswa bagi pelaku budaya.

“Kami juga akan menghidupkan Festival Musik Tradisi Indonesia agar tumbuh kecintaan masyarakat terhadap jati diri bangsa,” ucapnya. (nas)

Sponsored Content
Back to top button