Nasional

Penambahan Bahan Bacaan Perpustakaan PT Tiap Tahun Capai 3 Persen, ini Penjelasan FPPTI

INDOPOSCO.ID – Ketua Umum Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Mariyah mengatakan, kegiatan proses pembelajaran di luar program studi (Prodi) selama tiga semester sangat penting untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan lulusan pendidikan tinggi. Agar sesuai dengan kebutuhan zaman dan kebutuhan dunia industri atau dunia kerja.

“Di masa pandemi, anggaran pengadaan bahan bacaan dikurangi, karena dialokasikan untuk penyediaan protokol kesehatan (Prokes),” kata Mariyah pada acara daring Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Perpustakaan 2021, Selasa (23/3/2021).

Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) memaksa perpustakaan Perguruan Tinggi (PT) mengatur layanan dan akses secara daring. Negara Indonesia sendiri, menurut Mariyah, menempati peringkat kedua negara dengan jumlah perpustakaan terbanyak dunia yakni 164.610. Sementara perpustakaan perguruan tinggi ada 6.552 atau 3,98 persen.

“Standar bahan bacaan di perguruan tinggi harus memenuhi keragaman jenis koleksi, jumlah yang tersedia dan pengembangannya,” katanya.

Seperti, lanjut Mariyah, jenis koleksi tercetak dan digital, karya rekam untuk koleksi buku wajib mata kuliah, bacaan umum, referensi, terbitan berkala, muatan lokal, laporan penelitian hingga literature kelabu.

“Penambahan jumlah dan jenis bahan bacaan setiap tahunnya minimal 3 persen dari total koleksi yang ada,” ucapnya.

Dia menegaskan, fasilitas yang dibutuhkan untuk memberikan bahan bacaan yang sesuai dengan kebutuhan pemustaka (pengguna perpustakaan) merupakan bagian dari sarana prasarana yang harus tersedia di perpustakaan. Namun hal tersebut harus didukung dengan budaya menulis dan kesempatan untuk menyalurkan tulisannya.

“Lahirnya budaya menulis di perguruan tinggi perlu dilakukan tidak hanya dalam jangka pendek, namun perlu dibuat untuk jangka panjang, sehingga budaya tersebut menjadi warisan yang terus lahir di setiap generasi,” ungkapnya. (nas)

Sponsored Content
Back to top button