Nasional

Pemuda Harus Mampu Merespon Situasi Global Saat Ini

INDOPOSCO.ID – Tatanan dunia baru dan peran pemuda sebagai civil society merupakan suatu peran stragis dimana perubahan arah baru tatanan global ditandai dengan jasa, informasi, pasar uang dan tekhnologi.

Aktivis Perempuan Milenial, Putri Khairunnisa mengatakan, menjadikan posisi negara vis a vis swasta merupakan konsekuensi logis dari perubahan zaman. Sehingga peran pemuda sebagai elemen strategis dalam kehidupan berbangsa dituntut untuk lebih merespon situasi global dewasa ini.

“Apalagi berdasarkan pidato Presiden, ekonomi digital dan industri 4.0 Indonesia tercepat di Asia Tenggara. Indonesia memiliki start up sekitar 2.193, kelima terbesar di dunia,” ujarnya kepada INDOPOSCO, Senin (19/4/2021).

Pada pidatonya di pembukaan Hannover Masse 2021 pada 12 april 2021 lalu, Indonesia memiliki 5 unicorn dan bahkan telah memiliki satu decacorn. Dari penjelasan Presiden itu, maka penting kiranya pemuda sebagai elemen civil society memiliki posisi strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Pemuda harus mampu merespon situasi global saat ini,” katanya.

Apalagi Indonesia secara geografis memiliki posisi strategis dari aspek kemaritiman. Maka dengan situasi strategis ini pemuda dituntut harus mampu menjawab ide besar pemerintah dalam melaksanakan tugas-tugas negara dalam menjawab tatanan dunia baru, serta memenuhi amanat konstitusi.

Jika dilihat dari aspek geografis, laut Indonesia memiliki posisi strategis dalam menjawab desakan perubahan zaman utamanya arus informasi, untuk itu pemuda harus memiliki kemampuan untuk merespon isu-isu kemaritiman dan kelautan sehingga mampu membawa Indonesia menjadi city of port.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button