Nasional

Pemuda Diajak Mendukung Gerakan Generasi Syariah untuk Indonesia

INDOPOSCO.ID – Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Bank Syariah Indonesia (BSI), dan Rabu Hijrah, menggelar KOPDAR gaMES #3 yang bertujuan untuk mengajak seluruh elemen pemuda di berbagai daerah mendukung gerakan Generasi Syariah (GenSy) untuk Indonesia.

Kegiatan ini diselenggarakan mulai 30 Agustus – 1 September 2021, setelah sukses menggelar KOPDAR gaMES #1 dan #2 Gerakan Anak Muda untuk Ekonomi Syariah (gaMES) yang bertajuk ‘Gen-SY Is Coming’ dari Aceh hingga Sumatera Barat (Sumbar) pada Juni 2021.

Ketua Komite Pemuda PP MES, Arief Rosyid Hasan mengucapkan rasa syukur yang sebesar-besarnya bahwa di tengah situasi pandemi Covid-19, KOPDAR gaMES tetap bisa terlaksana dengan dukungan luar biasa dari berbagai pihak.

“Saat ini pemerintah memiliki fokus terhadap pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Salah satunya dengan mendorong Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) sebagai basis kekuatan utama,” ujarnya kepada media melalui keterangan tertulis, Kamis (2/9/2021).

Selain itu, hadirnya BSI di awal tahun ini sebagai hasil merger tiga bank syariah Himbara memberikan energi baru bagi perekonomian nasional, khususnya ekonomi syariah. Di sini, pemerintah patut diapresiasi karena keberpihakannya terhadap ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Chairman Rabu Hijrah, Phirman Rezha mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas sambutan yang begitu hangat dari rekan-rekan di Palembang terhadap kegiatan ini. Selain untuk menyambung silaturahmi, diharapkan pertemuan ini dapat membawa dampak nyata dalam perjuangan di sektor ekonomi dan keuangan syariah.

Wali Kota Palembang, Harnojoyo menyampaikan harapannya akan fungsi masjid yang harus diperkuat melampaui fungsi keagamaan saja. Ia menyambut baik kehadiran para muda. Di Palembang sendiri, setiap dua RT ada satu masjid, yang artinya dapat diberdayakan sebagai penyedia kebutuhan masyarakat sehari-hari pengganti minimarket konvensional.

“Harapannya, kita bisa implementasikan penguatan masjid sebagai sentral penguatan dan kesejahteraan ekonomi masyarakat sekitar melalui kerja sama pemerintah kota, BSI, serta generasi muda di Palembang,” katanya.

Selain itu, rombongan KOPDAR gaMES juga berkesempatan menemui Direktur Utama Bank Sumsel Babel Achmad Syamsudin. Di sini, Achmad menyampaikan, Bank Sumsel Babel juga berkomitmen untuk memberdayakan ekonomi umat melalui masjid sebagai sentra peradaban.

“Saat ini, Bank Sumsel Babel sedang mempersiapkan program penguatan Ziswaf di area Sumsel Babel. Kami berharap dapat bekerja sama dengan BSI dan perbankan lainnya untuk menciptakan sebuah platform digital bersama guna program zakat nasabah,” sebutnya.

Turut serta dalam perjalanan KOPDAR gaMES #3, Ketua Umum PP GMKI 2017-2019, Korneles Galanjinjinay adalah salah satu tokoh yang menjadi ciri inklusivitas ekonomi dan keuangan syariah.

“Dari tahun ke tahun, kami di GMKI maupun saya secara personal sudah membangun komunikasi serta berkolaborasi dengan berbagai organisasi lintas agama. Saya sangat senang bisa menjadi bagian dalam perjalanan KOPDAR gaMES karena saya percaya bahwa ekonomi dan keuangan syariah bukan untuk umat Muslim saja, tapi relevan bagi semua umat,” bebernya.

Adapun, roadshow ini merupakan bagian dari aksi konkrit anak muda dalam upaya meningkatkan literasi ekonomi syariah di Indonesia. Semua berharap dengan adanya KOPDAR gaMES ini semakin banyak masyarakat yang tersadarkan akan pentingnya ekonomi syariah. (arm)

Sponsored Content
Back to top button