Nasional

Pemprov Jabar Targetkan 100 Ribu Petani Milenial Produktif hingga 2023

INDOPOSCO.ID – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menargetkan 100 ribu petani milenial aktif produktif hingga 2023. Mereka sebagai regenerasi petani konvensional untuk menciptakan komoditas pertanian level ekspor.

Untuk mendukung program tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar menyediakan fasilitas lahan 10 ribu hektare tersebar di 27 daerah yang siap digunakan.

Ridwan Kamil menjelaskan, skema kerja sama petani milenial dilakukan melalui perbankan sekaligus diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pada tahun ini, kata Ridwan Kamil, pihaknya menargetkan 5 ribu petani milenial produktif untuk membantu pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

“Pertanian ini masa depan, sudah teruji oleh pandemi. Hanya bisnis pangan dan digital yang tumbuhnya tinggi, di saat sektor ekonomi lain turun,” ujar Ridwan Kamil di Bandung, Sabtu ( 27/3/2021).

Menurut Ridwan Kamil, dalam pemberdayaan petani milenial ini, infrastruktur digital yang disiapkan yaitu Internet of Things (IoT) Smart Farming. Perangkat IoT ini terdiri dari perangkat panel sensor yang tertancap dalam tanah dan tersambung gadget smartphone, tablet atau PC dengan koneksi data atau wifi untuk mengawasi dan mengendalikan hingga mendeteksi kelembaban tanah, Power of Hydrogen (PH) atau tingkat keasaman air dan suhu ruangan screen house.

IoT ini, kata Ridwan Kamil, diproyeksikan dapat digunakan dengan kapasitas maksimal luas lahan 240 meter.

“Harus pakai teknologi. Ini bisa menaikkan produktivitas. Tanah subur, teknologi. Juga mengubah persepsi jangan menganggap urusan duit hadir di kota saja,” kata Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil ini.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button