Nusantara

Pemkot Surabaya Lakukan Swab Massal di Rusun Warga

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar swab massal di 18 rusun secara serentak. Swab massal tersebut, dilakukan untuk menjaga keselamatan dan melindungi warga dari penyebaran Covid-19.

Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya Irvan Widyanto mengatakan, ketika ada warga yang tinggal di rusun diketahui terkonfirmasi Covid-19, Wali Kota Eri langsung meminta kepada Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah (DPBT) untuk melaksanakan tes swab secara masif.

“Ini semata-mata bentuk kepedulian beliau (Wali Kota Eri) kepada warga yang tinggal di rusun untuk memutus mata rantai penyebaran Covid0-19,” kata Irvan Widyanto, Selasa (25/5/2021).

Dalam tinjauannya, Kepala Badan Linmas Kota Surabaya menceritakan, sebagian warga memilih menghindar saat mereka diminta untuk tes swab. Namun hal itu tak lantas membuat jajaran pemkot berhenti begitu saja. Irvan menjelaskan, lurah dan camat setempat terus melakukan inovasi dengan cara yang unik agar masyarakat tidak menolak untuk dites swab.

Alhasil, cara uniknya adalah setelah tes swab penghuni rusun jari kelingkingnya wajib dicelup seperti pemungutan suara, sebagai tanda bahwa dirinya telah mengikuti tes swab.

“Jadi kalau sudah mendapatkan bukti tinta di jari kelingking atau jempolnya, maka warga diperbolehkan keluar masuk gerbang rusun. Kalau di sini dijaga. Tetapi yang belum mendapat tanda itu, warga tidak diperkenankan keluar gerbang,” urainya.

Di sela-sela itu, Irvan pun meminta kepada seluruh penghuni rusun untuk sama-sama mendukung upaya pemkot dengan cara tidak menolak tes swab. Sebab, ini penting untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan dan memutus penyebaran maupun pencegahan adanya klaster baru, terutama di lingkungan rusun.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button