Nusantara

Pemkot Serang Keluhkan DBH Selama 6 Bulan Belum Dibayar Pemprov Banten

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Serang mengeluhkan Dana Bagi Hasil (DBH) selama enam bulan tak kunjung ditansfer oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten. Akibatnya pada tahun 2021, Pemkot Serang devisit Rp 80 miliar.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Serang Wachyu Budi Kristiawan mengatakan, DBH mulai dari bulan Agustus, September, Oktober, November, Desember tahun 2020 dan Februari 2021 belum ditransfer ke Kas Daerah (Kasda) oleh bendahara umum daerah Provinsi Banten.

“Dampaknya, harusnya kemarin bisa di maksimalkan di perubahan. Sekarang 2021 anggaran Pemkot Serang devisit Rp80 miliar, sementara realisasi silvanya cuma Rp48 miliar misalnya. Kan saya harus ngejar itu. Kalau DBH sudah masuk, kalau kita terima tahun ini bisa nutup devisit, gitu loh. Agustus, September, Oktober, November, Desember, 5 bulan. Plus Februari, 6 bulan,” katanya saat ditemui di Puspemkot Serang, Rabu (3/3/2021).

Ia mengaku bingung dalam menutupi anggaran untuk kegiatan. Ditambah, tahun ini Pemkot Serang harus merefocusing atau realokasi anggaran untuk penanganan Covid-19. Sementara, DBH sebagai hak daerah belum dipastikan ditransfer dalam waktu dekat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button