Nusantara

Pemkot Payakumbuh akan Olah Lumpur Tinja Jadi Pupuk

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar) akan mengoptimalkan penggunaan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) untuk menjadi pupuk organik yang dapat digunakan untuk tanaman tertentu.

Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi mengatakan IPLT tersebut merupakan bantuan dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumbar Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia.

“Dukungan kementerian sangat membuat kita senang dan kita semua berharap kerjasama dan komunikasi yang sudah terjalin dapat terus ditingkatkan, dengan tujuan mengoptimalkan pelayanan publik di Kota Payakumbuh. IPLT sudah dibangun, pengelolaan selanjutnya ini adalah tantangan bagi kita semua,” kata Riza seperti dikutip Antara, Senin (29/3/2021).

IPLT tersebut berada di Kelurahan Sungai Durian, Kecamatan Lamposi Tigo Nagori. Limbah yang telah diolah di IPLT akan menjadi cairan yang bisa layak dibuang ke badan penerima seperti saluran dan sungai tanpa adanya zat pencemar lagi.

“Tidak mungkin limbah domestik atau tinja bisa diturunkan pencemarannya tanpa instalasi pengolahan,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Payakumbuh, Marta Minanda mengatakan IPLT Payakumbuh baru berjalan dua bulan semenjak diresmikan. IPLT Payakumbuh, memiliki bangunan pengolahan terdiri dari tujuh instalasi dengan luas lahan sekitar satu hektare itu dapat menampung maksimal 35 kubik setiap hari.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button