Headline

Pemerintahan Jokowi Dinilai Masih Kuat Karena Didukung Banyak Pihak

INDOPOSCO.ID – Pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari meyakini Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) masih sangat kuat karena didukung banyak pihak.

“Desakan agar Joko Widodo mundur dari jabatan Presiden dinilai hanya opini yang dibangun di media sosial,” kata Qodari seperti dikutip Antara, Minggu (11/07/2021).

Ia menilai realita di lapangan Pemerintahan Jokowi masih sangat kuat. Oleh sebab itu, masyarakat diminta tidak terpaku pada wacana di media sosial, karena hal tersebut mudah dimainkan.

Qodari mengatakan politik Indonesia ada di dua level. Pertama, level elite yang sampai saat ini susunan partai pendukung pemerintah belum berubah. Ada PDI Perjuangan, Golkar, PKB, NasDem, Perindo, Hanura, PPP, PSI, PKPI, dan PBB. Bahkan, Partai Gerindra pun solid mendukung pemerintah.

Untuk kelompok oposisi ada Partai Demokrat dan PKS. PAN tidak secara terang- terangan mendukung pemerintah. Tapi Qodari membaca Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan cenderung berpihak pada pemerintah. Atas dasar itu, pemerintahan saat ini dinilai masih sangat kuat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button