Nasional

Pemerintah Tak Larang Mudik, Ini Untung Rugi Menurut Pengamat

INDOPOSCO.ID – Pengamat transportasi Djoko Setijowarno menyambut baik kebijakan pemerintah yang tidak akan melarang masyarakat untuk mudik pada Lebaran 2021, karena kebijakan pelarangan mudik seperti tahun lalu justru menyulitkan masyarakat.

“Dilarang malah tidak efektif, tetap saja ada yang melakukan perjalanan dalam jumlah besar. Dan tahun ini juga sudah ada vaksin,” kata Djoko seperti dilansir Antara, Rabu (17/3/2021).

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan menyatakan tidak akan melarang masyarakat untuk mudik pada Lebaran 2021, dan Kemenhub akan membuat mekanisme protokol kesehatan ketat bersama Gugus Tugas Covid-19.

“Kami akan lakukan koordinasi dan sinergi bersama Gugus Tugas Covid-19 dengan melakukan pengetatan dan tracing terhadap masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI, Selasa.

Djoko menilai mobilitas masyarakat yang tinggi pada libur lebaran akan berdampak pada perekonomian masyarakat yang selama ini terdampak oleh pandemi Covid-19. Ia menekankan yang terpenting adalah penerapan protokol kesehatan yang ketat mulai dari tempat keberangkatan, selama perjalanan, sampai di tempat kedatangan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button