Nasional

Pemerintah Perlu Pertimbangkan Moratorium Sawit

INDOPOSCO.ID – Pemerintah dinilai perlu mempertimbangkan untuk melanjutkan kebijakan moratorium sawit dalam rangka dapat menyelesaikan pekerjaan rumah terkait dengan berbagai permasalahan dalam tata kelola komoditas tersebut.

Direktur Program Strengthening Palm Oil Sustainability in Indonesia atau SPOS Indonesia, Irfan Bakhtiar seperti dikutip Antara, Jumat (24/9/2021), menyatakan kalau moratorium masih diperlukan agar pemerintah menuntaskan pekerjaan rumah yang belum terselesaikan.

Dengan melanjutkan moratorium, menurut ia, pemerintah juga perlu segera memastikan upaya yang luar biasa untuk menyelesaikan hal itu.”Kita masih perlu moratorium jilid II. Jika tidak dilanjutkan, negara serta petani justru akan mengalami banyak kerugian,” tuturnya.

Dia menyoroti bahwa saat ini masih ada persoalan kebun sawit di kawasan hutan yang belum tuntas. Dari 3,4 juta hektare sawit di kawasan hutan, catatan yang disampaikan ke publik baru sekitar 600 ribuan hektare kebun perusahaan yang sudah mengajukan pelepasan.

Tidak hanya itu, tutur ia, sampai saat ini juga belum ada langkah apapun baik untuk pelanggaran maupun keterlanjuran yang terjadi. Kebun sawit rakyat di kawasan hutan juga masih sangat minim yang teridentifikasi.

“Langkah penyelesaian yang diharapkan melalui reformasi agraria juga belum dilakukan. Pendataan data kebun sawit, terutama sawit rakyat, belum terkonsolidasi dengan baik antar-instansi pemerintah,” tuturnya.

Dari sisi produksi, lanjutnya, upaya peningkatan produktivitas masih jauh dari harapan karena peremajaan sawit baru terealisasi kurang lebih 63 ribu hektare.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button