Nasional

Pemerintah Pastikan Penumpasan KKB Tak Langgar HAM

INDOPOSCO.ID – Pemerintah memastikan bahwa penumpasan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua, tak melanggar Hak Asasi Manusia (HAM). Karena, dalam pelaksanaannya memang tegas tetapi terukur dengan pendekatan hukum.

Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Moeldoko saat menggelar konferensi pers Festival HAM 2021 secara daring di Gedung Bina Graha Jakarta, Rabu (28/4/2021), mengingatkan pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam upaya penumpasan KKB di Papua.

“Presiden sudah wanti-wanti soal penanganan KKB ini. Harus tegas, tetapi tidak boleh mengabaikan HAM,” kata Moeldoko.

Sebelumnya, dalam sidang kabinet paripurna, Selasa (27/4/2021), beragam masukan penanganan KKB Papua sudah disampaikan TNI, Polri, Badan Intelijen Negara (BIN), Kementerian Politik, Hukum, dan Keamanan, Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT), hingga bupati Puncak kepada Moeldoko.

Upaya tersebut terus ditindaklanjuti Moeldoko dengan dialog-dialog bersama para tokoh agama, budaya, dan masyarakat Papua. Melalui langkah ini, mantan Panglima TNI itu berharap penanganan KKB di Papua selesai dengan tepat, pas, dan tidak mengorbankan banyak pihak.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button