Native Ads

Pemerintah Lanjutkan Program Stimulus Bantu Pemulihan KUMKM

INDOPOSCO.ID – Dalam tahun anggaran 2021, pemerintah kembali melanjutkan program stimulus ekonomi untuk mendukung pemulihan KUMKM di tengah pandemi Covid-19. Stimulus dalam rangkaian program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) menjadi faktor kunci ketahanan dan keberlanjutan KUMKM.

“Pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional pada 2020 telah menunjukkan bahwa sebagian besar pelaku KUMKM yang terdampak pandemi Covid-19 mampu bertahan dan mengalami perbaikan usaha. Karena itu, pemerintah kembali melanjutkan program PEN karena pemulihan KUMKM merupakan salah satu kunci Pemulihan Ekonomi Nasional,” kata Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Eddy Satriya, Senin (5/4/2021).

Eddy mengatakan program PEN diberikan dalam berbagai bentuk stimulus seperti subsidi bunga KUR, KUR super mikro dan non KUR, insentif pajak, imbal jasa penjaminan, penempatan dana restrukturisasi, dan Bantuan bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM).

Pemerintah juga memperluas akses pasar produk UMKM melalui belanja pemerintah untuk produk UMKM melalui laman UMKM dan bela pengadaan, bekerja sama dengan BUMN melalui Pasar Digital (PaDi). Disamping itu, untuk memperkuat KUMKM, KemenkopUKM juga memberikan pendampingan dan pelatihan UMKM, melakukan perbaikan proses bisnis UMKM agar terhubung dengan rantai pasok dan transformasi usaha informal ke formal.

“Intervensi kebijakan dilakukan mulai dari sisi hulu (suplai) hingga ke hilir (pasar) dalam rangka perlindungan dan pemulihan KUMKM,” tegas Eddy.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button