Nasional

Pemerintah Klaim BOR di Wilayah Aglomerasi Turun

INDOPOSCO.ID – Hingga hari ini angka keterisian tempat tidur (BOR) di rumah sakit (RS) mengalami penurunan. Penasihat Khusus Menteri Menko Bidang Kemaritim dan Investasi Jona Widhagdo Puteri mengatakan, terjadi penurunan BOR terlihat di wilayah aglomerasi di Surabaya Raya, Jabodetabek, Bandung Raya dan Semarang Raya.

“Untuk Jabodetabek agak bagus, ada penurunan BOR di bawah 80 persen,” ujar Jona Widagdo Puteri dalam acara daring, Rabu (28/7/2021).

Menurut dia, penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4 berhasil menurunkan mobilitas masyarakat. Kendati di sejumlah kawasan industri masih ada aktivitas dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat.

“Aktivitas masyarakat di tingkat komunal masih terjadi. Tapi aktivitas masyarakat di luar rumah mangalami penurunan,” imbuhnya.

Lebih jauh dia mengungkapkan, penurunan BOR di aglomerasi Bandung Raya mengalami penurunan hingga 65 persen. Sementara untuk Semarang Raya dan Surabaya Raya di kisaran 80 persen.

“Untuk Solo Raya masih agak tinggi, masih di atas 80 persen,” ungkapnya.

Ia mengajak masyarakat untuk menjaga mobilitas di luar rumah. Agar penurunan BOR tersebut menjadikan pertimbangan-pertimbangan baru usia 2 Agustus mendatang.

“Apabila masyarakat bisa menjaga kondisi seperti saat ini, angka kasus Covid-19 bisa stabil,” ucapnya. (nas)

Sponsored Content
Back to top button