Ekonomi

Pemerintah Kawal Penyelesaian Hubungan Industrial di Giant

INDOPOSCO.ID – Pemerintah melalui Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) terus mengawal proses hubungan industrial yang terjadi di ritel Giant. Pihaknya juga memastikan para pekerja mendapatkan hak-haknya sesuai ketentuan perundang-undangan. Pernyataan tersebut diungkapkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenaker Anwar Sanusi melalui gawai, Minggu (6/6/2021).

Menurut dia, salah satu upaya yang dilakukan adalah memastikan karyawan Giant mendapatkan hak-haknya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. “Kami telah memanggil pihak manajemen dan pekerja Giant,” tandasnya.

Anwar menjelaskan, manajemen juga sudah melakukan sosialisasi kepada para pekerja dan berkomunikasi dengan serikat pekerja terkait kebijakan penutupan gerai Giant. Dan kompensasi yang diberikan berdasarkan perjanjian kerja bersama (PKB).

“Manajemen juga mengupayakan penempatan para pekerja yang di-pemutusan hubungan kerja (PHK) ke unit bisnis lain,” bebernya.

Perlu diketahui, penutupan Giant semata-mata dikarenakan faktor bisnis. Selain persaingan bisnis yang ketat, penutupan Giant karena terdampak Pandemi Covid-19. Akibatnya, sedikitnya ada 2.700 karyawan Giant akan mengalami PHK (Pemutusan Hukungan Kerja). (nas)

Sponsored Content
Back to top button