Nasional

Pemerintah Distribusikan 7 Juta Dosis Vaksin untuk Lansia

INDOPOSCO.ID – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan mendistribusikan tujuh juta dosis vaksin Covid-19 untuk program vaksinasi lansia tahap pertama ke 33 provinsi Indonesia yang akan dimulai pekan depan.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi daring yang dipantau di Jakarta, Jumat, mengatakan dari tujuh juta dosis vaksin tersebut sebanyak 70 persennya akan dikirim untuk wilayah di Pulau Jawa dan Bali dikarenakan kasus tertinggi Covid-19 berada di wilayah tersebut.

Ia mengatakan program vaksinasi akan dilakukan di seluruh wilayah kotamadya di DKI Jakarta, dan di tiap ibu kota provinsi pada 33 provinsi di Indonesia.

“Selain untuk seluruh kotamadya di DKI Jakarta, vaksinasi juga akan dilakukan pada masyarakat lanjut usia di ibu kota provinsi di 33 provinsi seperti Kota Bandung untuk Jawa Barat, Denpasar untuk Bali, Medan untuk Sumatera Utara, Makassar untuk Sulawesi Selatan dan seterusnya,” kata dia.

Pertimbangan pelaksanaan vaksinasi di wilayah tersebut dikarenakan ketersediaan dosis vaksin yang masih terbatas serta tingginya angka kasus Covid-19 di setiap ibu kota provinsi.

Mekanisme pendaftaran dan pelaksanaan program vaksinasi untuk masyarakat lansia terbagi menjadi dua opsi, yakni vaksinasi di fasilitas layanan kesehatan seperti puskesmas atau rumah sakit, dan vaksinasi massal yang diselenggarakan di satu tempat melalui kerja sama dengan organisasi maupun institusi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button