Nasional

Pemerintah Australia Hibahkan Ventilator, Bea Cukai Jalankan Peran Fasilitator

INDOPOSCO.ID – Dalam membantu menangani lonjakan kasus pandemi yang Covid-19 yang terjadi, Pemerintah Australia melalui Department of Foreign Affairs and Trade memberikan bantuan kepada Pemerintah Indonesia. Bantuan yang dimaksud berupa hibah 1.000 unit ventilator, yang tiba pada tanggal 9 Juli 2021. Atas importasi barang hibah tersebut, Bea Cukai Soekarno-Hatta menjalankan tugasnya sebagai fasilitator dengan memberikan percepatan pelayanan.

Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta, Finari Manan memaparkan bahwa hibah ventilator dari Pemerintah Australia diangkut menggunakan maskapai penerbangan Cathay Pacific Cargo, dan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada pukul 23.15 WIB. Adapun yang berperan sebagai importir adalah Pusat Krisis Kesehatan, Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 149/PMK.04/2020 tentang Pemberian Fasilitas Kepabeanan Dan/Atau Cukai Serta Perpajakan Atas Impor Barang Untuk Keperluan Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), importasi ventilator ini diberikan fasilitas fiskal berupa pembebasan bea masuk dan/atau cukai, tidak dipungut PPN, serta dibebaskan dari pemungutan PPh Pasal 22 Impor.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button