Nasional

Pemerintah Antisipasi Pemulangan 7.200 WNI dari Malaysia

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Malaysia akan mendeportasi sebanyak 7.200 warga Indonesia, menyusul kebijakan lockdown di negeri Jiran tersebut akibat lonjakan Covid-19.

Jumlah tersebut di antaranya terdiri dari Pekerja Migran Indonesia (PMI) baik yang documented atau undocumented, serta Warga Negara Indonesia (WNI) deportan.

Di antara 7.200 orang tersebut, terdapat sebanyak 300 orang yang termasuk kelompok rentan seperti lansia, ibu hamil, dan anak-anak.

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengatakan, untuk mengantisipasi kepulangan WNI dari Malaysia diperlukan kehati-hatian.

“Antisipasi kepulangan ini harus kita lakukan bersama-sama. Kita harus berhati-hati. Masalah ini tidak mudah,” kata Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan dan Pemuda Femmy Eka Kartika Putri dalam laman resmi Kemenko PMK, Jumat (11/6/2021).

Pemerintah juga telah melakukan antisipasi kepulangan WNI dari Malaysia, yakni menyiapkan titik-titik debarkasi penerimaan kepulangan WNI agar tidak menumpuk.

Seperti menyiapkan fasilitas kesehatan berupa swab test PCR, menyiapkan tempat karantina sebelum dikirim ke daerah asalnya, dan pendampingan sampai ke daerah asal.

“Persiapannya tentunya kami mohon betul dari pihak Kementerian Luar Negeri, dan perwakilan kita di Malaysia,” tandas Femmy. (dan)

Sponsored Content
Back to top button