Headline

Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Harus Diiringi Mitigasi Risiko Covid-19

INDOPOSCO.ID – Pembelajaran jarak jauh (PJJ) dalam praktiknya menimbulkan kesulitan, terutama bagi peserta didik di daerah terluar, tertinggal, terdepan (3T).

Para peserta didik itu secara lokasi banyak terdapat di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1-3.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD Dikdasmen), Kemendikbudristek Jumeri mengatakan, perlu ada langkah strategis mempersiapkan satuan pendidikan melakukan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

anymind

“PTM terbatas pada satuan pendidikan di wilayah PPKM level 1-3 harus diiringi, mitigasi risiko penularan Covid-19 dan edukasi perilaku hidup bersih dan sehat,” kata Jumeri dalam keterangannya, Senin (16/8/2021).

Pemerintah mengumumkan, bahwa pembelajaran di satuan pendidikan wilayah PPKM level 1-3 dapat dilakukan melalui PTM terbatas atau PJJ sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri.

Selain itu, pelaksanaan PTM terbatas juga dilaksanakan dengan mengacu pada tiga Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 30 Tahun 2021.

“Pemberlakuan PPKM bersifat dinamis. Bagi daerah yang sudah diperbolehkan menyelenggarakan PTM terbatas, maka pelaksanaanya harus mengedepankan kehati-hatian dan menerapkan protokol kesehatan ketat,” ujar Jumeri.

Ia mengimbau Pemerintah Daerah, Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten, dan Kota segera memastikan wilayah PPKM level 1-3 yang sudah diizinkan melaksanakan PTM terbatas.

“Mari kita manfaatkan peluang ini untuk memajukan pendidikan kita, dengan mendorong satuan pendidikan agar PTM Terbatas bisa berjalan baik,” imbuhnya. (dan)

Sponsored Content
Back to top button