Nasional

Pembangunan Hunian untuk eks Pemulung dan Tunawisma Sejalan dengan Program Pemerintah

INDOPOSCO.ID – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, pembangunan hunian untuk tempat tinggal eks pemulung dan tunawisma sejalan dengan program pembangunan perumahan dan permukiman pemerintah. Selain itu juga mampu mewujudkan Kota Tanpa Kumuh serta penataan lingkungan sekaligus menyediakan hunian layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Saya berharap Program Rusunawa (Rumah Susun Sewa) ini bisa direplikasi dan dikembangkan di berbagai lokasi Balai Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial yang tersebar di 16 lokasi yang berada di 10 provinsi di Indonesia. Semoga program pemberdayaan masyarakat dan pembangunan Rusunawa ini dapat mewujudkan kesejahteraan sosial bagi masyarakat dan dilaksanakan secara berkelanjutan,” terangnya, saat meninjau lokasi Pembangunan Rumah Susun (Rusun) yang akan digunakan sebagai tempat tinggal eks pemulung dan tunawisma di Balai Karya Pangudi Luhur, Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (18/2/2021).

Rencananya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun dua tower Rusun bagi Kementerian Sosial di dua lokasi selama 2021 yakni di Kota Bekasi dan Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur.

“Pembangunan Rusunawa bagi eks pemulung dan tunawisma ini merupakan contoh sinergi dan kolaborasi yang baik antar kementerian yakni Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian Sosial,” ujar Ma’ruf Amin.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid menjelaskan, berdasarkan arahan Menteri PUPR, pihaknya siap mendukung Kementerian Sosial untuk membangun Rusun bagi eks pemulung dan tunawisma di seluruh wilayah Indonesia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button