Nasional

Pemanfaatan Nuklir Sebagai Sumber Energi Masih Dapat Penolakan Keras

INDOPOSCO.ID – Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral ke-12 Purnomo Yusgiantoro menyatakan pemanfaatan energi nuklir masih mendapatkan penolakan keras dari masyarakat sehingga Indonesia belum bisa mengembangkan energi ini.

“Masyarakat punya prinsip Nimby not in my back yard. Mereka bilang setuju nuklir, tapi kalau ditanya bangun instalasi nuklir di halaman rumah mereka, mereka menolak,” kata Purnomo Yusgiantoro dalam diskusi daring Energy & Mining Editor Society seperti dilaporkan Antara, Senin (12/4/2021).

Sudut pandang Nimbyism merupakan karakteristik penolakan masyarakat terhadap usulan pembangunan di daerah mereka. Prinsip ini hanya menentang pembangunan karena dekat dengan mereka dan akan mentolerir atau mendukung jika pembangunan itu berada jauh dari mereka.

Purnomo menceritakan pengalamannya saat berencana membangun PLTN di Gunung Muria, Jawa Tengah, sekitar tahun 2000-an di mana saat itu keputusan membangun PLTN secara bertahap berkapasitas 4.000 MegaWatt (MW) untuk memenuhi kebutuhan listrik.

“Saat itu tim kami ditolak untuk persiapan pembangunan pembangkitan, akhirnya kami kembali, bahas lagi, lalu dibawa sampai ke sidang kabinet. Di sidang kabinet diputuskan tidak bangun lagi di Gunung Muria. Listrik cari di tempat lain,” cetus Purnomo.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button