Nasional

Pelatihan Guru Dukung Link and Match SMK dan Dunia Industri

INDOPOSCO.ID – Pemerintah terus mengoptimalkan peran dunia usaha dan dunia industri (DUDI) dalam penyelenggaraan pendidikan vokasi. Hal ini untuk mewujudkan link and match antara pendidikan vokasi dan DUDI.

“Ini bagian penting dari sistem pendidikan nasional yang memiliki posisi strategis untuk mewujudkan sumber daya manusia dan tenaga kerja yang berkualitas,” ujar Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Wikan Sakarinto dalam keterangan, Kamis (23/9/2021).

Menurut dia, paradigma pendidikan vokasi dengan industri harus berubah. SMK tidak hanya menyiapkan lulusan sendirian dan industri tidak sebagai penerima lulusan saja.

“Keduanya dapat bersinergi secara aktif sejak awal proses pembelajaran untuk mempersiapkan lulusan vokasi yang memiliki kompetensi keterampilan teknis (hard skills) dan keterampilan nonteknis (soft skills),” terangnya.

Sebagai garda terdepan dalam kemajuan pendidikan vokasi, menurut dia, kompetensi guru harus ditingkatkan. Pasalnya, perkembangan teknologi yang pesat menuntut guru adaptif terhadap perubahan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button