Nasional

Pelaksanaan “Analog Switch Off” Ditunda

INDOPOSCO.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan menjadwal ulang penghentian siaran televisi terestrial analog, analog switch off (ASO). Direncanakan analog switch off ini akan dilakukan secara bertahap hingga 2 November 2022. Rencana awalnya penghentian siaran analog akan dilakukan paling lambat 17 Agustus 2021.

“Rencana penghentian siaran televisi analog (analog switch off/ASO) tahap pertama sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 6 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penyiaran, (PM Kominfo 6/2021) yang semula dilaksanakan tanggal 17 Agustus 2021 akan dijadwalkan ulang bersama dengan tahapan-tahapan ASO berikutnya,” kata Kominfo dalam keterangan pers seperti dikutip Antara, Senin (9/8/2021).

Dalam keterangan pers itu dikatakan bahwa penjadwalan ulang analog switch off dilakukan karena pemerintah dan seluruh elemen masyarakat tengah fokus menangani pandemi Covid 19 dan adanya masukan dari publik. Perubahan jadwal juga terjadi akibat belum rampungnya kesiapan teknis pemangku kepentingan untuk migrasi dari siaran televisi terestrial analog ke digital.

“Perubahan ketentuan terkait jadwal pelaksanaan ASO akan dituangkan dalam perubahan PM Kominfo 6/2021 yang akan diumumkan kemudian,” kata Kominfo.

Pemerintah mengimbau seluruh pemangku kepentingan yang berkaitan dengan ASO bisa meningkatkan sosialisasi di wilayah penerima manfaat, sehingga masyarakat siap untuk menerima siaran televisi teresterial digital. Kominfo juga mengapresiasi langkah penyiapan infrastruktur multipleksing yang sudah beroperasi di wilayah penerima manfaat ASO tahap pertama dan wilayah lainnya.

Migrasi siaran televisi terestrial dari analog ke digital diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan dijadwalkan paling lambat berlangsung hingga 2 November 2022 dan sejumlah aturan turunan.

Berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 6 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penyiaran, analog switch off di Indonesia akan dilakukan dalam lima tahap hingga 2 November 2022. Tahap pertama mencakup wilayah siaran Aceh 1, Kepulauan Riau 1, Banten 1, Kalimantan Timur 1, Kalimantan Utara 1 dan Kalimantan Utara 3. (wib)

Sponsored Content
Back to top button