Headline

Pecat Tujuh Kader, Percepat KLB Demokrat

INDOPOSCO.ID – Cepat atau lambat Kongres Luar Biasa (KLB) akan terlaksana. Pengamat Politik Ninoy Karundeng mengatakan, ada faktor lain yang turut mengakselerasi konflik internal Demokrat menjadi konflik keluar partai. Salah satunya karena Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memainkan kartu playing victim, menggoreng isu kudeta.

Menurut pegiat Media dan Media Sosial (Medsos) ini, pola dan strategi playing victim, alias merasa dizalimi, yang dipraktikkan oleh SBY adalah dengan menyalahkan eksternal Demokrat.

“AHY dan SBY di Demokrat tidak memiliki elan vital sama sekali. Sehingga sejak dikuasai oleh Dinasti Cikeas, Demokrat tidak memiliki raison d’etre sebagai partai,” ujar Ninoy Karundeng dalam keterangan, Senin (1/3/2021).

Ia mencontohkan, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang dikuasai oleh trah Soekarno. Namun sosok Bung Karno sebagai pendiri NKRI dengan idiologi yang jelas, serta sepak terjang Megawati yang membela wong cilik. Membuat PDIP tetap menjadi partai besar pascareformasi. “Sementara Partai Demokrat tidak mampu menarik dukungan publik,” katanya.

Ia menjelaskan, ketiadaan raison d’etre karena Demokrat tidak memiliki tokoh yang mumpuni, dan hilangnya elan vital dalam Demokrat. Hal ini membuat survei elektabilitas Demokrat merosot.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button