Olahraga

Pebalap MotoGP Kini Dapat Peringatan lewat Dasbor Bila “Nakal” di Trek

INDOPOSCO.ID – Mulai Grand Prix Austria akhir pekan nanti para pebalap MotoGP akan mendapati arahan dan peringatan dari race director lewat dasbor motor apabila sang pebalap kedapatan berperilaku “nakal” di trek.

Direktur balapan MotoGP Mike Webb menjelaskan peringatan tersebut menjadi salah satu dari dua pesan dasbor baru yang diperkenalkan di Austria selain pesan terkait kondisi peralatan yang dipakai pebalap, termasuk pakaian balap, sepatu, sarung tangan, helm, dan sebagainya.

Selama beberapa tahun ini MotoGP telah menggunakan pesan dasbor di mana Race Direction bisa mengirim pesan untuk para pebalap di motor untuk menyampaikan arahan dari sinyal bendera hingga informasi terkait penalti, demikian dilansir Antara.

Akan tetapi, Webb menjelaskan beberapa hal baru muncul baru-baru ini, salah satunya di GP Catalunya tahun ini saat seorang pebalap, yaitu Fabio Quartararo, mendapati pakaian balapnya tidak berfungsi dengan baik dan race director perlu memberi tahu sang pebalap untuk memperbaikinya.

Pesan dasbor digunakan juga untuk memberi sinyal tentang kegagalan teknis yang dialami motor dan diskualifikasi. Namun, baru-baru ini MotoGP merasa perlu sinyal spesifik soal perlengkapan pebalap karena hal itu berbeda dari kegagalan mekanis, seperti kebocoran oli atau bahan bakar dan sebagainya.

“Jadi kami memiliki sinyal baru di dasbor itu menunjukkan equipment di dasbor pebalap dan artinya sudah dijelaskan kepada para pebalap dan tim,” kata Webb seperti dikutip laman resmi MotoGP, Rabu.

Webb menjelaskan apabila pebalap mendapat pesan itu berarti, “Ada masalah dengan perlengkapan Anda dan Anda harus segera memperbaikinya,” baik itu di atas trek ataupun harus kembali ke pit.

Kemudian Webb menjelaskan pemutakhiran lain yaitu soal permintaan steward MotoGP terkait perilaku pebalap.

“Ada kalanya seorang pebalap melakukan sesuatu yang tidak kita sukai, tapi itu hampir tidak bisa diterima dan bisa saja suatu kesalahan dalam menilai atau kesalahan.

“Akan tetapi, apabila mereka mengulangi perilaku itu dan terbukti bukan kedua hal tersebut, itu akan berdampak penalti.

“Jadi steward ingin sinyal peringatan untuk bilang hei, jangan lakukan itu. Kami mengawasimu dan jika kamu melakukan itu lagi di situ akan jadi penalti.”

Layar di dashboard akan memunculkan tulisan” warning” atau peringatan yang mengacu secara khusus soal perilaku pebalap.

Red Bull Ring menjadi tuan rumah dua balapan beruntun yang membuka paruh kedua musim MotoGP 2021.

Balapan pertama di Spielberg pekan lalu dimenangi oleh rookie tim Pramac Racing, yang mengawali lomba dari pole position setelah memecahkan rekor lap sirkuit Austria itu di babak kualifikasi.

GP Styria sempat dihentikan di lap ketika menyusul kecelakaan antara pebalap KTM Dani Pedrosa dan pebalap Aprilia Lorenzo Savadori alhasil kedua motor pebalap terbakar di trek.

Pedrosa mampu melanjutkan lomba sedangkan Savadori harus naik meja operasi karena cedera.

Pebalap tim Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo memperlebar jarak sebagai pemuncak klasemen sementara dengan koleksi 172 poin, unggul 40 poin dari pebalap tim Pramac Racing Johann Zarco yang membayangi di peringkat kedua. (mg1)

Sponsored Content
Back to top button