Internasional

PBB: Afghanistan Diambang Bencana Kemanusiaan

INDOPOSCO.ID – Badan-badan PBB pada Jumat memperingatkan bencana kemanusiaan di Afghanistan disaat Taliban bergerak maju memaksa ratusan ribu orang meninggalkan rumah mereka di tengah kondisi kelaparan yang meluas.

Taliban menguasai kota- kota terbesar kedua serta ketiga Aghanistan pada saat kedutaan-kedutaan besar negara Barat bersiap mengirim pasukan untuk membantu evakuasi staf, meski PBB menuturkan kalau 320 stafnya akan tetap berada di sana.

“Kami khawatir (kondisi) terburuk belum terjadi serta gelombang kelaparan yang lebih besar segera mendekat Situasi ini memiliki ciri-ciri bencana kemanusiaan,” tutur Thomson Phiri dari Program Pangan Dunia saat konferensi pers singkat PBB seperti dikutip Antara, Jumat (13/8).

Lebih dari 250.000 orang terpaksa meninggalkan rumah mereka sejak Mei, 80 persen di antaranya adalah perempuan serta anak-anak, kata Shabia Mantoo dari Badan Pengungsi PBB.

Banyak pihak yang melaporkan pemerasan oleh kelompok bersenjata selama dalam pelarian serta harus menghindari bom rakitan di sepanjang jalan utama.

Ribuan orang beramai-ramai pergi dari wilayah pedesaan menuju ibu kota Kabul serta pusat kota lainnya untuk mencari perlindungan, tutur pejabat PBB lainnya.

“Mereka tidur tanpa atap, di taman- taman serta tempat- tempat umum,” tutur Jens Laerke, juru bicara Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB (OCHA).” Perhatian besar saat ini hanyalah menemukan tempat berlindung untuk mereka.”

Pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan 2 kali lipat kasus trauma dalam 2 sampai 3 bulan belakangan di fasilitas kesehatan yang mereka dukung. Dia juga menyuarakan kekhawatiran soal krisis pasokan obat serta mengaku sedang melatih staf medis untuk menangani korban massal. (Mg2)

Sponsored Content
Back to top button