Internasional

Pasukan Pemerintah Bayangan Myanmar Show of Power

INDOPOSCO.ID – Masyarakat Myanmar terus melakukan perlawanan terhadap junta militer yang menguasai pemerintahan setempat. Bahkan, mereka sudah membentuk pemerintah bawah tanah dan merekrut warga untuk dijadikan pasukan pertahanan baru. Gelombang pertama perekrutan pasukan sudah selesai melakukan pelatihan militer. Ini tampak dari video rilis pasukan yang berparade dan show of power dengan seragam.

Pemerintah Persatuan Nasional telah mengumumkan akan membentuk Angkatan Pertahanan Rakyat untuk menantang tentara, yang merebut kekuasaan pada 1 Februari 2021, menggulingkan pemimpin terpilih Aung San Suu Kyi dan menjerumuskan negara Asia Tenggara itu ke dalam kekacauan.

Video upacara pelantikan pasukan itu dirilis pada Jumat (28/5/2021) atas nama Yee Mon, Menteri Pertahanan pemerintah bayangan. “Militer ini dibentuk oleh pemerintah sipil resmi,” kata seorang perwira tak dikenal pada upacara tersebut.

“Pasukan Pertahanan Rakyat harus sejalan dengan rakyat dan melindungi rakyat. Kami akan berjuang untuk memenangkan pertempuran ini,” tandasnya dikutip Reuters melalui Antara.

Seorang juru bicara junta tidak menjawab panggilan untuk meminta komentar. Otoritas militer mengatakan, Pemerintah Persatuan Nasional adalah pengkhianat dan baik pemerintah itu maupun Angkatan Pertahanan Rakyat telah ditetapkan sebagai kelompok teroris.

Video tersebut menunjukkan sekitar 100 pejuang berbaris di lapangan parade berlumpur di hutan. Mereka berbaris dengan seragam kamuflase baru di belakang bendera kekuatan baru, merah dengan bintang putih. Mereka tidak ditampilkan membawa senjata.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button