Nusantara

Pastikan Kebutuhan Oksigen Aman, Khofifah Minta RS Proaktif dengan Distributor

INDOPOSCO.ID – Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa, melakukan kunjungan ke pabrik produsen oksigen. Hal ini untuk memastikan stok oksigen liquid atau cair mencukupi kebutuhan rumah sakit (RS).

Kunjungan dilakukan di pabrik Oksigen PT. Air Product Indonesia di Divisi Industrial Gases dan PT. Tira Austenite Tbk, Kabupaten Gresik.

Setalah memastikan pasokan aman, Khofifah meminta RS proaktif dalam melakukan pengisian tabung oksigen. Sehingga, kebutuhan oksigen dapat terpenuhi.

“Karena lonjakan pemenuhan kebutuhan di rumah sakit, maka saat ini seluruh Rumah Sakit yang ada di Jatim sebaiknya proaktif, melakukan pengisian tabung oksigen ke pabrik atau distributor,” katanya, (11/7/2021).

Ia menyebutkan, proses pengisian oksigen dalam satu shift bisa mencapai 300 tabung. Kemudian, satu pengisian 20 tabung dengan kapasitas enam meter kubik membutuhkan waktu 30 menit.

“Saya rasa ini menjadi bagian penting. Ayo saling proaktif. Memaksimalkan kebutuhan oksigen yang banyak dialami oleh rumah sakit rumah sakit sehingga pelayanan pasien covid-19 berjalan baik,” ujarnya.

Menurutnya, jika dihitung dan diatur dengan benar, maka tingkat ketersediaan secara kuantitatif produk semuanya cukup. Namun dengan kondisi yang seperti ini, metode jemput bola atau proaktif harus dilakukan untuk menjaga ketersediaan oksigen.

“Kalau dulu mungkin mereka menunggu proses kapan tabung oksigen atau silindernya diambil kemudian diisi. Sekarang harus sama-sama proaktif mengingat kebutuhan di rumah sakit meningkat tajam,” paparnya. (son)

Sponsored Content
Back to top button