Nusantara

Pasien Covid-19 Melonjak, Kontainer Disulap Jadi Ruang Perawatan

INDOPOSCO.ID – Lonjakan kasus terkonfirmasi positif membuat keterisian tempat tidur di rumah sakit penuh. Sehingga perlu penambahan agar pasien Covid-19 dapat dirawat dengan baik.

Salah satunya terjadi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soetomo, Surabaya. Untuk menambah kapasitas, kontainer disulap menjadi ruang perawatan Covid-19.

Direktur RSUD dr. Soetomo, dr. Joni Wahyuhadi mengatakan, ada lima kontainer yang digunakan untuk ruangan Unit Gawat Darurat (UGD). Masing-masing kontainer, mampu menampung 5 pasien Covid-19 dengan gejala sedang.

Pihaknya mengaku akan berupaya memberikan layanan kesehatan secara optimal. Supaya, warga yang terpapar corona dapat ditangani.

“Segera digunakan karena tadi kita hitung ada sekitar 20 pasien yang akan dirawat di UGD yang masih menunggu di selasar. Dengan demikian, insya Allah nanti sore sudah tidak ada lagi pasien di selasar,” katanya, Senin (12/7/2021).

Selain itu, pihaknya juga sedang menambah tenaga kesehatan. Hal itu sebagai bentuk ikhtiar dalam memerangi pandemi.

“Bahkan kami sedang merekrut dokter-dokter yang baru lulus. Meskipun, belum ada surat tanda registrasi (STR) nya. Kami sedang izin ke Menkes. Jadi itu, langkah-langkah yang kami lakukan,” jelasnya.

Di sisi lain, area parkiran Gedung RSUD dr. Soetomo sebelah utara juga, direncanakan dijadikan ruangan pasien kualitasnya High Care Unit (HCU). Nantinya, pasien yang bisa dirawat dengan kategori sedang dan berat.

“Mesin anestesi kita punya banyak, mesin-mesin ICU, ventilator kita punya banyak. Hanya tempatnya yang kita relokasi dari ICU pasien non Covid menjadi pasien Covid,” tutupnya. (son)

Sponsored Content
Back to top button