Nusantara

Pascalibur Lebaran, Kota Serang dan Cilegon Jadi Zona Oranye

INDOPOSCO.ID – Satuan tugas (Satgas) Covid-19 Provinsi Banten mengupdate informasi harian penyebaran virus corona. Hasilnya, Kota Serang dan Kota Cilegon berubah menjadi zona oranye dari zona kuning.

Juru bicara Satgas Covid-19 Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti mengatakan, perubahan zonasi di dua daerah itu dampakk dari pasca libur hari raya idul fitri tahun 2021.

“Siap, (Kota Serang dan Kota Cilegonjadi oranye) dampak 14 hari pascalibur hari raya,” katanya melalui pesan whatshapp, Selasa (8/6/2021).

Ia menerangkan, berdasarkan hasil dari tracing tim gugus tugas, kasus yang terjadi didominasi dari cluster keluarga yang bersifat menyebar.

“Untuk Kota Cilegon dan Kota Serang didominasi cluster keluarga namun sifatnya menyebar,” terangnya.

Di sisi lain, Ati yang juga Kepala Dinas Kesehatan Banten itu menambahkan, perubahan zonasi juga terjadi pada Kabupaten Tangerang di minggu ini. Hal itu disebabkan oleh cluster emukiman setelah kegiatan kerja bakti di Kelapa Dua.

“Untuk Kabupaten Tangerang didominasi oleh cluster pemukiman setelah kegiatan kerja bakti yang terdapat di beberapa RT (rukun tetangga),” jelasnya.

Perlu diketahui, saat ini ada lima daerah di Banten yang menjadi zona oranye. Di antaranya, Kota Cilegon, Kota Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Sementara Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak dan Kabupaten Serang berada di zona kuning.

Sedangkan kasus konfirmasi positif Covid-19 berjumlah 50.535 orang. Dengan rincian, 1.208 masih dirawat, 48.023 sudah sembuh dan 1.304 meninggal dunia. (son)

Sponsored Content
Back to top button