Headline

Pasca KLB PD, Hubungan SBY-Jokowi Bisa Memanas Jika…

INDOPOSCO.ID – Hubungan antara mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bisa memanas. Ini jika Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Hukum dan HAM mengesahkan hasil Kongres luar biasa (KLB) Demokrat di Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Jumat (5/3/2021). Demikian analisa Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul (UEU) Jamiluddin Ritonga di Jakarta, Jumat (12/3/20210).

Seperti diketahui, hubungan SBY dengan Presiden Jokowi selama ini relatif baik. SBY tidak pernah secara frontal mengkritik Jokowi. Saat Jokowi maju pada Pilpres 2014, SBY juga tidak menyudutkan Jokowi. Bahkan SBY membebaskan kader Partai Demokrat untuk memilih Jokowi atau Prabowo.

“Kalau Jokowi melalui Menteri Hukum dan HAM mensahkan hasil KLB Deli Serdang, maka keberpihakan pemerintah sulit untuk dibantah. Ini kiranya akan memicu kemarahan SBY terhadap Jokowi,” tutur Jamiluddin.

Kalau hal itu terjadi, lanjut dia, maka hubungan SBY dengan Jokowi akan semakin memanas. Hal itu dapat memicu konstelasi politik nasional yang semakin tidak terkendali. “Panasnya hubungan SBY dan Jokowi akan membahayakan kondusivitas politik nasional. Kemarahan pendukung SBY akan sulit untuk dikendalikan,” tegasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button