Headline

Partisipasi Masyarakat Patuhi Prokes Sangat Penting di Tengah Bencana Alam

INDOPOSCO.ID – Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menilai partisipasi masyarakat dan petugas di tingkat Rukun Tetangga (RT)/Rukun Warga (RW) pada masa perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro menjadi langkah strategis dalam pengendalian penyebaran Covid-19. Terlebih, di tengah ancaman bencana alam akibat cuaca ekstrem yang terjadi beberapa hari terakhir.

“Upaya pengendalian penyebaran Covid-19 di sejumlah daerah saat ini menghadapi tantangan yang kompleks. Selain harus menegakkan disiplin masyarakat jalankan protokol kesehatan 9Prokes) juga harus menghadapi dampak bencana banjir di sejumlah daerah,” kata dia, dalam keterangannya, Senin (22/2/2021).

Dia berharap, peningkatan partisipasi masyatakat dan petugas di lingkungan RT/RW mampu menciptakan sistem pengawasan yang lebih intensif dalam penerapan protokol kesehatan dan pelaksanaan testing, tracing dan treatment (3T) di setiap lingkungan tempat tinggal.

“Keberadaan petugas di tingkat RT/RW, semakin penting di saat potensi bencana alam semakin tinggi, seiring datangnya cuaca ekstrem di sejumlah daerah di tanah air. Untuk menginisiasi peningkatan partisipasi masyarakat di tingkat mikro di tengah ancaman bencana alam ini sangat membutuhkan campur tangan para pemangku kepentingan di daerah,” jelasnya

Apalagi, sambung Lestari, akhir pekan ini pemerintah juga memutuskan untuk memperpanjang pelaksanaan PPKM skala mikro di Jawa-Bali hingga 8 Maret mendatang.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button