Nusantara

Partai NasDem Siapkan 18 Pengacara Beri Bantuan Hukum Warga Banten secara Gratis

INDOPOSCO.ID – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Banten menyiapkan 18 pengacara guna memberikan pendampingan hukum untuk warga Banten yang sedang mencari keadilan secara cuma-cuma. Layanan konsultasi akan dibuka seminggu dua kali di sekretariat di Jalan Raya Serang-Pandeglang, Pancuranmas, Kota Serang.

Program itu mulai dijalankan sejak Badan Bantuan Advokasi Hukum (BAHU) Partai NasDem Banten dilantik hari ini, Sabtu (27/3/2021). Meraka disumpah untuk mengabdi kepada Partai Nasdem di samping kepentingan pribadi. Membantu hukum secara gratis untuk partai dan masyarakat demi terwujudnya kesejahteraan rakyat.

Ketua DPW NasDem Banten Edi Ariadi mengatakan, pemberian bantuan hukum bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah. Partai yang memiliki fungsi menjamin kesejahteraan masyarakat wajib turut andil dalam memberikan keadilan.

Menurutnya, layanam hukum secara cuma-cuma bertujuan untuk memeberikan perlindungan hukum kepada warga yang tidak memiliki dana untuk mencari keadilan. Hal itu untuk menepis paradigma publik bahwa pengacara mahal.

“Mudah-mudahan bisa bermanfaat buat masyarakat Banten. Sejak reformasi, bagaimana untuk memberikan bantuan hukum untuk masyarakat, itu bukan hanya tanggung jawab pemerintah, termasuk kita sebagai partai politik untuk memberikan fasilitas jaminan hukum,” katanya saat sambutan.

Ia menekankan anggota NasDem harus lebih aktif dalam mengikuti kegiatan partai maupun terjun langsung kepada masyarakat untuk menyerap aspirasi. Pihaknya menegaskan tidak akan tebang pilih dalam memberikan bantuan hukum.

“Dengan kepemimpinan baru ini, BAHU Nasdem bisa bermanfaat buat masyarakat Banten. Tidak hanya dengan persoapan politik. Kita memberikan pelayanan kepada masyarakat lebih luas. Nggak milih-milih,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Advokasi Hukum Partai Nasdem, Heriyanto Citra Buana menjelaskan, ada 18 pengacara yang memiliki lisensi advokat bergabung. BAHU akan difungsikan sebagai etalase partai untuk membantu masyarakat.

“BAHU akan difungsikan menjemput masyarakat melayani bantuan hukum. Kalau ada warga Banten memiliki persoalan hukum, bisa datang ke DPW. Setidaknya satu minggu 2 hari untuk konsultasi masyarakat. Itu bagian dari pelayanan partai,” jelasnya.

Ia menuturkan, pemberian hukum bentuk pengabdian partai NasDem terhadap masyarakat. Jangan sampai partai hadir disaat menjelang Pemilu. Terlebih, tugas partai ke depan akan menghadapi tantangan yang lebih berat. Mengingat, tahun 2024 sudah masuk tahun politik.

“Tugas kita ke depan tidak ringan, mengawal partai menuju kemenangangan besar, dua besar. Partai ke depan menuju partai modern, target kita adalah dua besar. Tugas BAHU untuk memastikan kontestasi 2024, akan kita kawal pertarungan bukan untuk menang ke depannya,” tuturnya. (son)

Sponsored Content
Back to top button